Rabu, 19 April 2017

Inilah cara membuat soto ayam betawi dengan santan

Soto menjadi masakan tradisional yang cukup banyak penggemarnya, salah satunya yakni soto ayam betawi yang mempunyai kuah kental karena menggunakan bahan tambahan yakni santan kental. Rasa dari soto daging ayam khas betawi ini adalah manis, asin, dan gurih.

Dengan campuran bumbu bumbu yang pas maka masakan soto ala betawi ni menjadi masakan kesukaan keluarga. Bagi anda tentu bisa dengan mudah membuatnya karena bahan bahannya cukup mudah ditemukan dan di beli di pasar.

soto ayam betawi


Saat ini masakan soto khas jakarta ini cukup mudah di temuka di kampung kampung betawi dan sekitarnya. Namun ada juga pedagang yang jualan pada sore hari. Lihat juga Resep telur ceplok kuah santan

Seperti diketahui bahwa jakara yang memiliki penduduk asli dengan nama betawi ini tidak hanya mempunyai resep daerah seperti soto ayam saja, namun juga terkenal dengan beberapa masakan asli betawi, sebut saja nasi kebuli yang hanya ada di daerah jakarta atau betawi.

Jakarta seperti kita tahu terdiri dari berbagai suku bangsa dan berbaur menjadi satu dengan suku asli jakartya yakni betawi, sehingga para pendatang ini pada akhirnya juga menyukai masakan khas betawi ini, karena memang cukup lezat citarasanya. Nah bagi anda yang penasaran, yuk belajar bikin soto betawi sendiri, berikut resepnya :

Resep soto ayam betawi kuah santan

Bahan bahan

Daging ayam : 2 dada ayam
Santan kental : 1 liter
daun bawang : 1 batang, di iris panjang 1 cm
seledri : 2 batang, potong kecil kecil
Serai : 1 batang, buang bagian ujungnya
Daun jeruk : 5 lembar
Daun salam : 5 lembar
lengkuas : 1 kerat
jinten : setengah sendok teh

Bumbu halus

Bawang putih : 6 siung
Bawang merah : 7 buah
Kemiri : 6 butir, sangrai dahulu
Ketumbar : 1 sendok makan
Jahe : 1 ruas
Kunyit : 3 cm
Gula pasir : 1 sendok teh
Garam dan penyedap rasa : secukupnya

Bahan pelengkap

Jeruk nipis : 3 buah
Sambal : secukupnya

Cara membuat soto ayam betawi

  1. Cuci daging ayam, lantas kucuri dengan air jeruk nipis dan taburi garam, remas remas dan bersihkan dengan air bersih.
  2. Rebus daging ayam yang hingga matang dengan air secukupnya ( daging terendam ), setelah daging ayam angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin suwir suwir swcukupnya.
  3. Gongseng bumbu halus sambil di aduk aduk, lantas masukan daun salam, daun jeruk purut, serai, lengkuas,dan jinten, aduk aduk secara perlahan hingga harum.
  4. Kemudian masukan ke dalam rebusan ayam dan tambahkan garam, gula, penyedap rasa, lada bubuk dan santan.
  5. Setelah rasa kuahnya sesuai dengan selera, lalu masukkan daun bawang dan seledri, lantas angkat.
  6. Siapkan mangkok, isi dengan daging ayam suwir, irisan tomat, emp[ing, dan tentu saja kuah soto, tambahkan air jeruk nipis dan sambal

Demikia bunda dan remaja putri cara bikin soto betawi kuah santan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar